Hello!

Friday, July 11, 2014

Mari Narsis, Jangan Rasis. Say No to SARA.

Itu ngomong-ngomong loh maksudnya. Typo dikit dimaapkeun lah ya. hoho

Tweet diatas merupakan salah satu bentuk jeritan hati gw buat orang-orang yang masih aja nyinggung soal SARA kalo ngomong. Apalagi gara-gara Pilpres sama serangan di Gaza itu, ini mulut-mulut kurang kerjaan jadi punya bahan kerjaan buat ngangkat-ngangkat topik SARA.

Salah satunya orang ini. Si Joshua ini (yang gw yakin ini akun klonengan dengan nama samaran, makanya males gw sensor) , tau-tau nyerocos di status si A. A ini salah satu "friends" di facebook gw yang bukan temen. Kenal engga, tau engga, ada urusan juga engga. Terus kenapa temenan? Soalnya waktu itu ada yang heboh-heboh ngomongin si A, gw kan jadi penasaran, jadi gw add deh :3 Nah, si Joshua ini aneh banget, tiba-tiba ngoceh ngatain agama orang dengan huruf kapital, dan karena kebetulan gw juga cuma lagi sibuk liatin katalog Real Technique di Luxola, jadi gw ladenin deh dan ikutan nyampah si status orang. Maap loh A. :D





Orang-orang model begini nih, yang dikit-dikit bawa SARA, menurut gw emang bener-bener perlu dikasianin.

Tapi, orang ini belom ada apa-apanya loh! Gw pernah masuk satu open group di Facebook. Group ini emang khusus ngebahas tentang perbedaan 2 agama, tapi dengan cara baik-baik, dengan nyebutin bukti-bukti tertulis, dengan ejaan yang benar, dengan sopan dan santun, dan tentu saja tanpa huruf segede gaban kayak orang diatas. Topik bahasan disana emang agak susah sih buat nemuin titik temunya tapi semua tertib kok. Cuma kadang-kadang, ada aja tukang ngadu domba (yang selanjutnya kita sebut Tnd) yang nyasar kesana. Si Tnd ini nyetusin komentar yang berbau provokatif dan tidak edukatif sama sekali. Waktu diintip profilnya pun, isinya ya begitulah. Kompor meleduk banget! Timeline isinya cercaan semua.

Dulu waktu baca tulisan begitu, komen gw adalah: "Ini orang kasian amat sih, punya kerjaan kok begini amat, punya temen begini malesin amat." Dan ternyata masih banyak Tnd lain dengan akun klonengannya yang doyannya bikin rusuh begini. Padahal mandornya si Ipin lagi kurang kenek bangunan, coba waktu yang mereka pake buat online dan ngata-ngatain orang itu dipakai buat kerja, kan lebih produktif dan bermanfaat. Iya ga sih??

Satu lagi nih yang sempet bikin gw gerah. Beberapa waktu lalu sempet heboh beredar link postingan ke satu alamat blog yang isinya tentang korban-korban kejadian '98. Banyak foto-foto yang disturbing parah disalam situ. Alamat blognya memakai bahasa mandarin, tapi menurut gw, pemilihan alamat blog itu mungkin buat menggiring opini masyarakat untuk semakin membenci suku tertentu. Alasan gw bisa bilang gitu, karena artikel-artikel didalamnya cenderung rasis. Okelah situ korban, oke KITA korban sisi gelap Orba, TAPI kita yang ga baik juga banyak toh? Orang baik juga ada dimana-mana, sama kayak orang jahat ada dimana-mana. Mungkin (berdasarkan kesotoy-an gw), jumlahnya beda tipis sama orang galau yang juga ada dimana-mana.

Jadi kawan-kawan dan saudara-saudara yang sama-sama berdarah,berdaging, dan punya rasa malu, PLEASE berhenti bersikap rasis. Lebih baik dan lebih jelek itu ga ada hubungannya sama SARA. Yang bikin ngaruh itu ya kepribadiannya atau background lingkungan atau pendidikan atau emang ada yang salah dengan genotifnya (alias sakit jiwa).


MARI NARSIS, JANGAN RASIS
No RASIS, No Arkis

peace, love, and g40l!




No comments:

Post a Comment