Hello!

Monday, September 30, 2013

100 Days Spending Ban!


Sounds like mission impossible no? Hehe

Latar Belakang:
Jadi begini ceritanya. Beberapa bulan terakhir ini, gw selalu berencana untuk menabung setiap bulan buat modal jalan-jalan di bulan-bulan berikutnya (Bali & Yogya kemaren). Dan setiap bulannya berakhir dengan tabungan gw ditarik setiap menjelang akhir bulan,  bahkan ada bulan-bulan yang berakhir dengan minus dan mengenaskan. :'D Trus gw mikir dong, gw ngapain aja sih? Kok duit gw cepet amat abisnya. Kayaknya gw ga suka jajan deh. Dan setelah ditelusuri, ternyata duit gw itu selama ini berubah bentuk jadi tumpukan make up, skin care, buku-buku yg masih mejeng manis minta dibaca, dan gumpalan lemak yang anteng di perut sama paha gw. Hahaha


Maksud dan Tujuan
Proyek "100 Days Spending Ban" ini tentu saja maksudnya buat memangkas pengeluaran gw yang sebenernya ga perlu. Intinya bukalah dompet sesuai kebutuhan bukan keinginan. Tujuannya buat bikin tabungan gw menggendut supaya bisa puas kalo nanti jalan-jalan ke tempet yg asik buat shopping kayak Singapura atau Hongkong menuntaskan bucket list gw yang cukupendesak untuk dipenuhi, contohnya: mobil dan modal kawin. HAHA!


Metode Kerja
Yang dilakukan simpel kok. Cuma menahan diri buat ga belanja barang yang sebenernya ga mendesak diperluin. Ga belanja gara-gara ada diskon yang menggiurkan mata. Gampang kan? Cuma kekepin dompet sama kartu erat-erat kok.
Yang ga boleh dibeli:

1. Make Up
Gw rasa yang gw punya sekarang uda cukup buat muka gw yang cuma satu ini. Secara gw juga bukan MUA kan?
2. Skin Care
Stok skin care gw sepertinya masih cukup buat 100 hari kedepan. Karena kalo yg full size abis, gw bisa pake sample-sampel yang ga tau kapan mau dipake. 
3. Buku
Dilarang keras beli judul komik baru, beli majalah lain selain Cosmo & WHI, fan ga boleh nambah novel dengan pengarang tak dikenal. 
4. Fashion item
macem sepatu, baju, dan aksesoris pendukungnya.
5. Pritilan lucu nan ga penting
Contoh: gantungan hape, bingkai foto, stiker, atau apalah yang sesuangguhnya ga gw butuhkan dan ga menunjang hidup gw.
6. Unhealthy snack!
Dan ga boleh makan diluar. Kecuali spesial occasion dan ditraktir. Hahaha

Batasan
Beberapa pengecualian mutlak diperluin buat proyek gw ini.
1. Daily needs.
Misalnya sabun, sampo, odol, deodorant, pembalut, dan semacamnya yang gw pake tiap ari. Kalo pembalut gw abis ga boleh beli, masa iya gw pake daon jambu didepan biar ga nembus kemana mana?
2. Healthy snack.
Kalo pagi-pagi harus lari, gw perlu asupan kalori dulu biar ga sakit perut. Jadi kalo fruit bar atau cemilan sehat lainnya boleh lah ya. Selama bukan buat memenuhi keinginan duniawi mulut dan laper mata gw. Hehe
3.Collecting book with discount price
Ada beberapa komik berseri yang gw beli. Kalo ini gw tahan sampe 3 bulan ga dibeli. Bisa-bisa nanti begitu proyek 100hari nya kelar, duit sincia gw langsung ludes . Hehe. Jadi kalo komik yang seriannya gw punya, sama novel yg gw koleksi kayak Jacqueline Wilson, masih boleh ya. Tapi harus yang harga diskonan. Say NO to normal price. Hehe
4. Pengecualian buat beberapa item skincare yang sepertinya akan habis sebentar lagi.
Contohnya si sunscreen gw yang uda cepirit. Kudu banget beli lagi, karena ga ada stoknya.
5. Kalo darurat banget dan parah, beli baju  tas, atau sepatu masih diperbolehkan.
Walaupun gw pesimis sekali karena gw sangat jarang beli begituan.
6. Kado dan hadiah uda pasti masuk pengecualian dong.
Kalo dibeliin juga pengecualian. Kan bukan dari dompet sendiri. Hehehe
7. Hadiah boleh dibeli. Kan nanti ada natal. :) Oleh-oleh juga boleh.


Time Period
Proyek ini dimulai dari tanggal 1 Oktober 2013  s/d 8 Januari 2014.  Waktunya jelek banget nih. Soalnya kan di rentang waktu ini ada Black Friday dimana brand luar negri banyak yang kasih diskon menggiurkan. Trus akhir taon juga banyak diskonannya. aaahh~~ Susah ye nabung! But i love challenge. :)




Err, setelah gw baca ulang dari atas. Ini makin keliatan agak mission impossible. Hahaha. Biar makin semangat. Nanti bakal gw update ah perkembangannya. :D
Trus buat membantu menggendutkan dompet juga, gw mau ngerapiin isi meja rias dan menjual barang yang kayaknya ga akan kepake lagi. Lumayan deh bersih-bersih sekalian nambah duit buat beli make-up an lagi.
Semoga aku berhasil!

No comments:

Post a Comment